Selasa, 24 Mei 2016

Filled Under:

Pendidikan Indonesia Pada Zaman Jepang

Sejarah pendidikan diartikan sebagai suatu uraian mengenai apa yang telah dipikirkan dan dikerjakan secara sistematis atau teratur dalam kancah pendidikan pada masa lampau. Dan menurut saya bahwa sejarah pendidikan itu berasal dari dua kata yaitu sejarah yang berarti kejadian pada masa lampau dan pendidikan adalah suatu proses perkembangan kecakapan seseorang. Dari kedua arti kata tersebut saya dapat memberikan gambaran bahwa sejarah pendidikan adalah suatu proses perkembangan kecakapan yang dimiki oleh perorangan dalam bentuk sikap dan prilaku kearah yang lebih baik di dalam masyarakat pada masa lampau. Sudah tentu yang dimaksud proses disini adalah perkembangan pendidikan dari masa lampau sampai sekarang.

Maka dari itu Sejarah Pendidikan sangatlah penting bagi kehidupan manusia, mulai dari zaman prasejarah sampai jaman modern seperti ini. Tanpa sebuah pendidikan mungkin saja sampai sekarang manusia tidak akan mengalami perkembangan, baik itu perkembangan fisik ataupun yang paling penting adalah perkembagan akal. Dari perkembangan akal itulah manusia mulai memiliki kebudayaan yang kemudian menghasilkan suatu peradaban.

Jaman pendudukan Jepang merupakan suatu masa dimana kekuasaan Indonesia diambil alih oleh negara Asia. Indonesia diduduki Jepang hanya selama 3.5 tahun dari tahun 1942-1945. Sungguh sangat sebentar jika dibandingkan dengan berkuasanya Belanda di Indonesia yang mencapai 3.5 abad. Walaupun pendudukan Jepang hanya sebentar tapi dampaknya terasa hingga sekarang. dari berbagai dampak saya mengambil satu dampak yaitu di bidang pendidikan. perlu kita soroti mengenai sistem pendidikan yang diterapkan oleh Jepang di Indonesia, ketika Jepang mengubah sistem pendidikan Belanda dimana dualisme dalam pendidikan dapat dihapuskan, yang dahulunya ada stratifikasi antara orang-orang Belanda dengan orang-orang pribumi dalam masalah pendidikan namun oleh Jepang ditiadakan jadi setiap anak berhak mendapatkan pendidikan. baik itu anak bupati ataupun anak petani memiliki hak yang sama dalam sistem pendidikan Jepang. Di samping itu, bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa perantara pada sekolah-sekolah serta penggunaan nama-nama yang diindonesiakan. Padahal tujuan Jepang mengembangkan pendidikan yang luas pada bangsa Indonesia adalah untuk menarik simpati dan mendapatkan bantuan dari rakyat Indonesia dalam menghadapi lawan-lawannya pada Perang Pasifik. Berikut ini pendidikan pada masa pendudukan Jepang:

1. Sekolah rakyat 6 tahun/kokumin gakko

2. Sekolah Menengah Pertama atau Shoto Chu Gakko

3. Sekolah Menengah Tinggi atau Koto Chu Gakko

4. Pendidikan Kejuruan

5. Pendidikan Tinggi

Dampak Pendudukan Jepang di Indonesia dalam bidang Pendidikan

1. Pendidikan berkembang pesat di banding masa Hindia Belanda

2. Bangsa Indonesia diberi kesempatan untuk sekolah di sekolah yang dibangun pemerintah

3. Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa pengantar pada sekolah-sekolah

4. Berbagai nama di Indonesiakan

0 komentar:

Posting Komentar