Kamis, 07 April 2016

Filled Under:

Kuliner Sarapan di Bandung

Bandung dikenal dengan kuliner yang enak, unik, dan menarik. Maka tidak diragukan lagi saat weekend atau hari libur kota Bandung akan lebih macet. Bagi para wisatawan yang akan mecari kuliner untuk sarapan pagi hari di kota Bandung, inilah yang Kamar Publik rekomendasikan dari beberapa sumber yang terkenal di kota Badung.


Bubur

Bubur ayam Mang H. Oyo
Lokasi: Jl. sulanjana no. 30, bandung

Keistimewaan bubur mang H.Oyo ini, kalo piringnya kita balik, katanya tidak akan tumpah karena kekentalan bubur nya. Kita akan disajikan sepiring bubur dengan topping seperti ayam, cakwe,seledri, dan topping lainnya yang dapat kita pilih seperti ati ampela dan telor. Menu yang disajikan pun namanya unik, yaitu atel (ayam telor), atelpin (ayam telor pindang), ayat (ayam ati), acak (ayam cakwe), tomat (tong make ati), ganja (seledri), krikil (kacang), Arpan (air panas), miker (the botol+es). Bubur Ayam Mang Oyo juga membuka cabang dibeberapa penjuru Kota Bandung, antara lain Jl. Gelapnyawang (ITB), Jl. Ir. Soetami (Maranatha), Jl. Surapati no.63, Jl. Pangkur No. 3 (daerah Turangga belakang Hotel Horizon).

Bubur Ayam Pak Zaenal
Lokasi : Jl. Ir. H. Djuanda no.244 (Dago) Bandung. Seberang gedung PUSAIR.

Bubur ayam Pak Zaenal merupakan bubur ayam legendaris di Kota Bandung. Bubur ayam ini berdiri sejak tahun 80an dan memiliki cita rasa yang khas. Rasa gurih bubur ayam ini berasal dari santan, tekstur buburnya juga kental. Terdapat 2 porsi yang dapat kita pilih yang masing-masing porsi memiliki menu toping yang dapat kita pilih, yaitu ayam, ayam telor, ayam ati ampela, ayam special.

Bubur Ayam H. Amid
Lokasi: Jl. Arjuna

Bubur ayam H. Amid tempatnya cukup besar dan selalu ramai pembeli. Menunya bubur ayam biasa, bubur ayam telor, bubur ayam ati ampela, hingga bubur ayam special yang seluruhnya bisa dipilih dengan porsi 1 atau porsi setengah.


Nasi Kuning

Nasi Kuning Sumur Bandung
Lokasi: Jl. Sumur Bandung

Nasi kuning ini menyediakan hingga 10 menu lauk yang bisa dinikmati. Dari sekian banyak lauk, ada dua jenis yang menjadi favorit, yaitu ati ampela dan daging giling. Nasi kuning ini tidak mematok harga tinggi karena harga disesuaikan dengan jenis lauk yang dimakan.

Nasi Kuning Saparua
Lokasi: Depan Gor Saparua

Nasi Kuning ini memang selalu ramai pembeli untuk sarapan. Meskipun termasuk nasi kuning pinggir jalan, namun nasi kuning ini begitu terkenal karena sambalnya. Nasi kuning ini berisi abon sapi, irisan telur dadar, kering tempe, ikan teri, timun, sambal, dan tentu saja kerupuk.

Nasi Kuning Pungkur
Lokasi: Jl. Pungkur

Dibanding nasi kuning lain, ada yang berbeda dari lauk nasi kuning ini, yaitu tambahan aneka gorengan yang diguyur dengan bumbu kacang.


Lontong Sayur

Lontong Sayur Padang
Lokasi: jl. Dipati ukur depan UNPAD atau Monumen perjuangan rakyat.

Lontong sayur padang ini memiliki cita rasa yang sangat khas. Karena kuahnya mirip seperti rasa kuah gulai padang, ada sayur nangka, telur serta kerupuk merah. Meskipun sederhana namun kuah gurih dan pedas, membuat sajian ini menjadi sangat nikmat.


Kupat Tahu

Kupat tahu Cicendo
Lokasi: jl. cicendo, seberang rs. mata cicendo, di mulut gang kecil.

Kupat Tahu Cicendo sudah ada sejak tahun 1967. Jangan kaget karena loaksinya sebelah Tempat Pembuangan Sampah, namun banyak orang yang makan di sana. Pengunjung yang makan juga  terlihat  dari kalangan menengah ke atas, banyak mobil yang parkir adalah mobil mewah.

Kupat Tahu Gempol
Lokasi : Jl. Gempol

Tempatnya memang sederhana, tak lebih dari warung tradisional.  Meskipun begitu, rasanya sangat berkelas meski berada di tempat yang sederhana.


1 komentar: