Rabu, 06 April 2016

Filled Under: ,

Gempa Garut 6,1 SR



Gempa 6,1 skala Richter terjadi di Garut, Jawa Barat (6/4/16). Gempa terasa kuat di sejumlah wilayah di Jawa Barat seperti Bandung, Tasikmalaya, Sukabumi, Ciamis, Kabupaten Cianjur, Jakarta, Bekasi,Tangerang, Lebak, Pandeglang selatan, Purwakarta dan Bogor. Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan akibat guncangan gempa.

Menurut BMKG, gempa terjadi pada pukul 21.45 WIB. Pusat gempa berada di 101 kilometer barat daya Garut, Jawa Barat. Sedangkan kedalaman gempa berada di 10 kilometer di dasar laut. Lokasi gempa berada di 8.30 Lintang Selatan-107.32 Bujur Timur.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan dilansir dari news.detik.com, Rabu (6/4/2016) bahwa “belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa akibat gempa. BPBD masih melakukan pendataan,".

Menurut Sutopo, gempa cukup dangkal dan berada pada sisi dalam lempeng Eurasia sehingga dirasakan oleh masyarakat di sekitar Selatan Jabar. Di Garut gempa terasa cukup kuat selama 3-4 detik.

Dilansir dari jabar.metrotvnews.com, Kepala BMKG Bandung Rifar Kamin mengatakan gempa di Garut tidak berpotensi tsunami. Menurut Rifar, jenis gempa tektonik tersebut terjadi akibat penyusutan lempeng di Pulau Jawa.


Rifar mengimbau masyarakat untuk tidak panik atas gempa tersebut. Bahkan kemungkinan besar akan terjadi gempa susulan, namun dengan skala kecil dibandingkan gempa yang pertama.

0 komentar:

Posting Komentar