Jumat, 01 April 2016

Filled Under: ,

TIPS DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL



Ujian Nasional (UN) menjadi suatu hal yang menakutkan bagi banyak pihak, baik dari pemerintah, guru, orang tua dan tentu saja bagi siswa peserta UN. Tujuan Ujian Nasional adalah untuk mengukur tingkat kemampuan siswa dalam bidang kognitif selama siswa tersebut belajar dengan standar nasional.

Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/MA/SMK yang akan dilaksanakan pada tanggal 4-6 April 2016 dan tingkat SMP sederajat tanggal 9-12 Mei 2016. Sedangkan, untuk pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Susulan akan dilaksanakan pada tanggal 11 April sampai dengan 14 April 2016 untuk tingkat SMA/MA/SMK/Program Paket C. Dan untuk susulan tingkat SMP/MTs/Program Paket B adalah pada tanggal 16 - 19 Mei 2016.

Menjelang UN, berbagai persiapan harus dilakukan oleh para peserta. Tips untuk menghadapi UN yang dirangkum dari berbagai sumber oleh Kamar Publik antara lain:

Pola Pikir

Mengubah pola pikir di semua kalangan perlu dilakukan agar pelaksanaan UN dapat berjalan dengan baik. Khususnya pola pikir siswa sebagai peserta UN, Dalam pelaksanaan UN siswa seringkali merasa tegang. Hal ini dikarenakan banyak pikiran yang menggangu siswa itu sendiri. Jangan berpikir bahwa ketika mengulang UN maka dikatakan sebagai siswa bodoh, justru dengan pengulangan UN akan menghasilkan suatu perbaikan yang lebih baik lagi.


Harus dilakukan penekanan bahwa UN memang tak menjadi syarat kelulusan mutlak tetapi menjadi syarat kelulusan masuk jenjang yang lebih tinggi. Sehingga siswa tetap haru belajar dengan tenang dan yakin dengan kemampuan diri. Pola pikir akan mewujudkan semua tindakan.

Buat Jadwal Belajar dan Fokus

Membiasakan diri dengan jadwal belajar yang lebih. Khususnya bagi mata pelajaran yang di anggap sulit. Berikan alokasi waktu yang lebih, dan konsisten dalam belajar persiapan UN. Cara mudahnya:
  • Agar lebih efektif karena waktu tidak banyak lagi. Pahami dan fokus pada kisi-kisi UN.
  • Mulai sekarang kamu harus terbiasa belajar dengan menjawab soal-soal UN. Kamu bisa download soal dari internet. Atau kamu bisa membeli buku kisi-kisi UN yang disusun sesuai dengan SKL/ kisi-kisi soal UN banyak di jual di toko-toko buku. Dari tahun ke tahun, UN ya seperti itu, soalnya pun tidak jauh berbeda. Pahami setiap bentuk soal dan konsep nya karena pada dasarnya yang berbeda hanyalah susunan kalimatnya saja.
  • Membentuk kelompok belajar, hal ini dapat dijadikan sebagai tempat berbagi ilmu. Mungkin kamu bisa mengerjakan suatu soal, tetapi teman kamu tidak bisa mengerjakannya, kamu bisa membantunya dalam menjawab soal tersebut. Atau sebaliknya, Kamu yang akan dibantu teman kamu dalam menjawab soal –soal yang tidak kamu bisa kerjakan namun teman kamu bisa. 

Jangan Stres
Refreshing boleh saja, Sesekali tidak ada salahnya dengan sekedar jalan-jalan atau joging agar pikiran lebih fress dan siap untuk belajar kembali dalam menghadapi UN. Tapi ingat dengan konsisten waktu yang telap disiapkan untuk belajar guna persiapan UN. Dan jangan refreshing yang berlebihan.

Berdo’a dan mintalah do’a restu dari kedua orang tua

Do’a yang paling mujarab adalah do’a dari orang tua kepada anaknya, mintalah doa restu kepada orang tua kamu agar diberikan kemudahan dan kelancaran dalam persiapan dan pelaksanaan UN. Hal ini dapat menjadi spirit dan menambah rasa percaya diri bagi kamu dalam menuju UN. Kamu sebagai peserta juga harus banyak-banyak berdo'a agar kamu dimudahkan dalam mengahadapi Ujian.

Jaga Kesehatan

Untuk beberapa hari khusunya mendekati UN, kamu akan penuh dengan banyak kegiatan khusunya kegiatan belajar atau kita kenal dengan istilah pemantapan. Bahkan kamu yang ikut tambahan belajar diluar seperti bimbel, tentu akan banyak menghabiskan waktu dalam menghadapi UN.

Oleh karena itu, menjaga tubuh tetap fit merupakan sebuah keharusan. Jangan sampai semua rutinitas berantakan karena kamu sakit. Cukupi asupan gizi kedalam tubuh kamu, banyak makan buah dan sayur juga.

Persiapkan alat-alat untuk UN sebaik mungkin

Beberapa sekolah mungkin sudah menggunakan CBT (computer based test). Tapi beberapa sekolah masih menerapkan paper based test. Apabila sekolah kamu adalah salah satunya, maka seperti biasa, kamu harus menyiapkan pensil 2B yang standar nasional dan mampu terbaca oleh komputer, penghapus yang sesuai, dan alas kertas.




0 komentar:

Posting Komentar