Sabtu, 19 Maret 2016

Filled Under:

Resep Mudah Membuat Pancake



Pancake adalah kue bulat, tipis dan datar. Pancake dibuat dari adonan yang dimasak diatas Teflon atau wajan. Biasanya pancake menggunakan baking powder, namun ada juga yang menggunakan ragi lalu difermentasikan. Pancake biasa dihidangkan dengan menggunakan berbagai jenis topping atau filling seperti ice cream, selai, chocochip, sirup buah, telur, daging, kornet atau sayur-sayuran.

Di Amerika, Pancakes, Hotcakes, atau FlapJake adalah menu setiap hari, bahkan di negara paman sam ini ada hari yang disebut "Pancake Day" dimana hari mereka merayakan untuk memakan Pancakes.

Di Inggris, pancake berbentuk tipis, seperti Crepe yang banyak ditemui di Negara Prancis. Sedangkan di Belanda di sebut "pannenkoeken" biasanya disajikan dengan topping daging dan sayuran, biasanya disajikan pada siang hari atau malam sebagai menu utama. 

Negara yang memiliki versi pancake terbanyak adalah negara India, mulai dari Dossa, Appam, Neer Dossa, Utapam, Malpua. Sedangkan, di negara kita sendiri yaitu Indonesia kita mengenal pancake itu adalah Serabi. Kalau kalian jalan-jalan ke kota Bandung, mampirlah untuk membeli kue serabi. 

Penasaran ingin mencoba Pancake buatan sendiri di rumah ?
Oke, Kamar Publik kasih resepnya ya...

Bahan-Bahan

Tepung terigu 275 gr
Baking powder 2 sdt
Garam ½ sdt
Gula pasir 5 sdm
Susu cair 350 ml
Margarin 2 sdm (Cairkan)
Telur 2 butir

Cara Membuat
  • Siapkan mangkuk, campurkan susu cair, mentega cair, susu dan telur kocok. Aduk-aduk hingga merata.
  • Masukkan tepung terigu, garam, baking powder, dan gula. Aduk merata hingga tidak menggumpal.
  • Diamkan -+ 10 menit
  • Panaskan wajan Teflon, olesi mentega pada permukaannya
  • Tuangkan adonan ke atas pemukaan wajan secukupnya. Diamkan hingga muncul gelembung-gelembung kecil pada permukaan adonan.
  • Kemudian, balik adonan.
  • Apabila sudah berwarna kecoklatan, angkat pancake dari wajan.
  • Sajikan. Pancake siap diberi toping sesuai selera.

0 komentar:

Posting Komentar