Rabu, 06 April 2016

Filled Under:

Kelebihan dan Kekurangan KPR



Rumah merupakan aset utama dalam kehidupan manusia karena nilainya yang selalu meningkat. Rumah menjadi sebuah kebutuhan, namun yang menjadi permasalahnya, tidak semua orang mampu membeli rumah dengan biaya tunai.

Tiap tahun harga properti naik, apabila memilih untuk menabung guna membeli rumah secara tunai perlu waktu lama. Solusinya banyak orang yang memilih pinjaman Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Sebelum kita mengambil keputusan untuk mengajukan KPR, Kamar Publik akan merangkum beberapa kekurangan dan kelebihan dari KPR.

Kelebihan

  • Biaya awal ringan

Dengan KPR akan terbantu saat hendak membeli rumah, karena untuk uang muka yang dibayarkan ke pengembang properti hanya perlu disiapkan di awal 30 % saja dari harga rumah. Ada pula jenis KPR yang ditawarkan beserta subsidi.

  • Siap huni

Selain membantu dalam biaya uang muka yang cukup ringan, rumah yang dibeli dengan sistem KPR sudah dapat siap untuk di huni. Sehingga tidak perlu menunggu sampai cicilan KPR lunas. 

  • Legal dan Reputasi pengembang terjamin
Legalitas rumah yang dibeli akan lebih terjamin dan aman. Seperti keabsahan surat-surat tanah dan bangunan yang diberikan. Bank juga hanya akan membiayai pembelian rumah yang dilengkapi sertifikat. Bank akan membantu mengecek keabsahannya lewat Badan Pertanahan Nasional (BPN). Bank juga mencari pengembang properti yang memiliki reputasi baik dan tepercaya. Pasalnya, bank yang menarik keuntungan dari bunga kredit akan rugi apabila pengembang batal atau mundur dari pembangunan rumah Anda. Sehingga Bank akan bekerja sama dengan pengembang properti.

  • Investasi jangka panjang
Salah satu kelebihan membeli dengan KPR, yaitu bisa menjadi sebuah investasi jangka panjang. Setelah Anda selesai melunasi cicilan rumah, Anda bisa menjual rumah kembali kepada orang lain. Kelebihannya, rumah bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi.

  • Alat bisnis
Kelebihan lainnya, dengan menyewakan rumah yang dibeli, maka setiap bulan ada pemasukan dari uang sewa dan kemudian dibayarkan untuk biaya cicilan Bank setiap bulannya.


Kekurangan

  • Uang Muka Hangus
Tidak semua pengajuan KPR akan disetujui oleh Bank karena beberapa hal, seperti surat-surat rumah tidak lengkap atau kurang keabsahannya. Kondisi seperti ini bisa mengakibatkan uang muka yang Anda setorkan kepada pemilik rumah/developer akan hangus.

  • Bunga Memberatkan
Beberapa Bank yang tidak menerapkan sistem flat hanya akan merugikan pemohon kredit, terutama bagi mereka yang mengambil waktu kredit panjang.  Karena sesuai dengan perkembangan pasar kemungkinan bunga yang dibebankan kepada pemohon kredit akan semakin besar

  • Developer Nakal
Ada beberapa kasusu pada saat cicilan KPR lunas, surat-surat dan sertifikat yang seharusnya milik Anda tidak segera diberikan.

  • Keadaan Pribadi
Tidak dapat diramalkan, apabila ada suatu masalah dalam kehidupan ekonomi anda yang mengakibatkan anda kesulitan dalam membiayai cicilan yang belum lunas.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari sitem KPR, semua pilihan tergantung anda.


0 komentar:

Posting Komentar